Detail Berita

Home Detail Berita

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang menginisiasikan budidaya puyuh


2020-10-19

Admin

Puyuh atau juga dikenal dengan “Quail” merupakan unggas yang berbadan kecil dengan kemampuan berlari yang menakjubkan. Dialam bebas puyuh hidup dilahan yang beralang-alang atau padang rumput dan alam datar lainnya. Kecepatan dan kegesitan berlari ini merupakan senjata untuk menghindar dari musuhnya. Berbeda dengan bangsa unggas lainnya puyuh terbang dengan arah vertikal (tegak lurus keatas) dan tidak mampu terbang dalam jangka waktu lama. Hal ini akan berpengaruh terhadap sistem pemeliharaannya.

Kini usaha budidaya burung puyuh semakin banyak digemari oleh masyarakat karena puyuh memiliki pertumbuhan yang cepat serta cepat menghasilkan telur (40 hari sudah bertelur), pemeliharaan yang mudah, sederhana dan memberikan penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak serta mampu untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Bila melihat kandungan gizi daging dan telur puyuh cukup tinggi, bahkan sebanding dengan daging dan telur ayam, itik dan unggas lainnya.

          Melihat prospeknya, usaha budidaya puyuh dapat dijadikan sebagai usaha pokok maupun sebagai usaha sambilan. Hanya saja, tingkat produktiftasnya masih jauh dari mencukupi permintaan pasar. Masalahnya sampai saat ini masih banyak peternak yang belum mengetahui tentang tatacara budidaya puyuh, baik dari segi pembibitan, pemeliharaan, penanganan penyakit dan pengelolaan usaha. Sehubungan dengan hal tersebut maka disusunlah petunjuk teknis budidaya puyuh ini sebagai acuan bagi para pelaku usaha dalam budidaya puyuh untuk mengelola usahanya

Berdasarkan hal tersebut maka dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang menginisiasikan budidaya puyuh menjadi salah satu upaya untuk pemberdayaan buruh tani di kabupaten Sumedang. Sebagai permulaan dilakukan. Pengadaan Bibit Ternak Puyuh sebanyak 5.000 ekor Pada Kegiatan Pemberdayaan Buruh Tani TA.2020 sebagai berikut:

 

 

No

 

Kelompok Tani

 

Desa

 

Kecamatan

 

Jumlah

1

Kelompok Buruh Tani Pelita Harapan

Sukasari

Sukasari

2.000 ekor

2

Kelompok Buruh Tani

Sirnasari

Sirnasari

Jatinunggal

3.000 ekor

Jumlah Total

5.000 ekor

Pemberian dukungan budidaya puyuh oleh dinas pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang diharapkan dapat menginspirasi dan diikuti oleh setiap insan pertanian lainnya di Kabupaten Sumedang.