Detail Berita

Home Detail Berita

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan Sayuran Ikan Probiotik (SAKAPRO) di beberapa kelompok Tani


2020-12-18

Admin

Pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Setiap rumah idealnya memiliki pekarangan yang memiliki banyak fungsi. Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik nyaman dan sehat serta menyenangkan sehingga membuat kita betah tinggal di rumah.

Pekarangan rumah dapat kita manfaatkan sesuai dengan selera dan keinginan kita. Misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman hias, buah, sayuran, rempah-rempah dan obat-obatan. Jika dikelola dengan baik pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi buruh tani. Dengan menanam tanaman produktif di pekarangan akan memberi keuntungan selain memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Buruh tani  merupakan salah satu factor penting dalam produksi pertanian. Oleh sebab itu buruh tani harus diperhatikan dalam asupan nutrisinya agar tetap sehat. Maka Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan terus berupaya dan melakukan inovasi agar buruh tani dapat terbantu dalam kehidupannya sehari hari.

Dalam Rangka Kegiatan Pemberdayaan Buruh Tani TA.2020 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan  Sayuran Ikan Probiotik (SAKAPRO) di beberapa kelompok Tani salah satunya di Sakapro di Kecamatan Sukasari. kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas untuk memulai budidaya SAKAPRO. Kegiatan ini juga dilakukan oleh Penyuluh Pertanian dan Para Anggota Kelompok Tani yang antusias, yang diharapkan dapat menjadi penguat ketahanan pangan di masa pandemi ini.

Desa Citimun merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka. Lokasinya berada di bagian barat laut wilayah Kecamatan Cimalaka. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar lima kilometer ke arah barat laut. Wilayahnya dilewati jalur utama yang menghubungkan Cimalaka dengan Tanjungkerta.

Wilayahnya terbagi ke dalam beberapa penggunaan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan poemukiman dan lahan lainnya. Luasan wilayah yang berupa lahan pertanian sebesar 191,3 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Untuk lahan pesawahannya sendiri mencakup wilayah seluas 35,2 hektar, ditambah lahan pertanian non-pesawahannya seluas 156,1 hektar. Pemukiman warga termasuk lahan pekarangannya memiliki luasan sebesar 93,5 hektar. Sisanya seluas 28,1 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan fasilitas umum.

Mata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Citimun bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian yang lainnya bekerja di sektor perdagangan, industri, jasa, transportasi dan konstruksi. Sektor pertanian masih dominan namun tidak terlalu beda jauhnya dengan sektor lainnya seperti pedagangan dan industri serta jasa. (https://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-citimun.htm)

Berkaitan dengan hal tersebut maka Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerja sama dalam Pembangunan Jaringan Irigasi Tersier Poktan Sawah Tonggoh Desa Citimun Kec. Cimalaka Pada Kegiatan Pengelolaan Air Irigasi Untuk Pertanian. Diharapkan kejadian ini dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Desa Citimun.